Contoh Soal dan Jawaban Simulasi Digital

Contoh Soal dan Jawaban Simulasi Digital 1.Menggabungkan semua komponen pembentuk movie, baik itu video, audio, teks, efek, filter, dan sebagainya menjadi suatu kesatuan yang tidak bisa diubah-ubah lagi, adalah fungsi dari proses … a. Rigging b. Rendering c. Lighting d. Modeling e. Compositing 2.Gerak kamera secara horizontal disebut … a. Tilting b. Dollying c. Panning d. Zooming e. Trcking 3.Yang bukan merupakan peralatan berkaitan dengan pembuatan video adalah … a. Scenner b. Lampu c. Kamera d. Mikropon e. Lampu kamera 4.Langkah pertama yang harus dilakukan dalam pembuatan video adalah .. a. Menyusun naskah b. Menentukan actor dan aktris c. Menentukan ide d. Membuat setting tempat pengambilan gambar e. Membuat Storyboard 5.Efek saat bergantian objek dalam suatu alur cerita atau clip dikenal dengan istilah … a. Transisi b. Cut to cut c. Transformasi d. Wripe out e. Cut away 6.Gerakan kamera yang bertujuan untuk menggiring mata penonton pada aktivitas tertentu pada subjek adalah … a. T

Animasi Berdasarkan Kategori dan Teknologi

 Animasi Berdasarkan Kategori

  • 1. Motion Graphics Animation

Motion Graphics Animation merupakan jenis animasi yang dibuat dengan menggunakan Software-software Komputer Grafis berbasis animasi dan Composing Fxanimasi.

  • 2. Character Animation

Character Animation merupakan jenis animasi yang dibuat khusus untuk menggerakkan atau menghidupkan model-model objek karakter, bisa berupa manusia, hewan, robot, dan unsur objek lain yang bisa dihidupkan

  • 3. Facial Animation

Facial Animaton merupakan jenis animasi yang model objeknya dikhususkan pada karakter-karakter berupa manusia, hewan, robot, dan unsure lainnya. Tetapi objek yang digerakkan hanya bagian wajah dari karakter yang dimaksud.

  • 4.Morphing Animation

Morphing Animation Merupakan suatu jenis animasi yang menvisualkan suatu gerak perubahan bentuk model objek, yaitu perubahan bentuk model objek yang satu menjadi bentuk model objek yang lain. syarat terjadinya animasi morphing adalah model  objeknya menggunakan lebih dari satu dimana masing-masing objek bentuknya berbeda, tetapi memiliki persamaan jumlah vertex dan polygon.

  • 5. Architecture Animation

Architecture animation merupakan suatu jenis animasi yang model objeknya berbentuk bangunan gedung (Exterior maupun interior) yang dibuat dalam bentuk 3 dimensi


Animasi Berdasarkan Teknologi

  • 1.Clay Animmation

suatu jenis animasi yang model objek dan propertinya dibuat dengan menggunakan tanah liat atau lilin mainan melalui proses pematungan, dimana setiap pose dan adegan dari karakternya direkam satu per satu dengan menggunakan kamera dan hasil dari perekaman beberapa pose akan menghasilkan animasi clay .

  • 2. Cell Animation

Suatu jenis animasi yang model objek gambar dan propertinya dibuat secara konvensional dengan menggunakan gambar tangan.contoh film yang menggunkan cell animation antara lain Mickey Mouse, Tom and Jerry, Scooby Doo, Lion King dan masih banyak yang lainnya.

  • 3.Computer-Assisted Animation

suatu jenis animasi yang model objeknya bisa berbentuk 2D ataupun 3D, dan proses pekerjaannya menggunakan komputer.

  • 4. Puppet Animation

Suatu teknik animasi yang dibuat dengan menggunakan alat bantu puppet atau boneka yang dimainkan sedemikian rupa lalu direkam dengan menggukan kamera sehingga tercipta sebuah animasi gerakan boneka.

  •  5. Silhoutte Animation (Animasi Bayangan)

Suatu teknik animasi yang dibuat dengan menggunakan latar belakang layar yang terang (putih), dimana objek karakter atau figure digerakan dengan mendapat pencahayaan dibelakang layar, sehingga hasilnya berupa gerakan bayangan objek.


Animation Classic 

Animasi telah dibuat pada tahun 1919 pertamakalinya di negara Amerika. Teknik pembuatan animasi pada jaman dahulu tidak menggunakan komputer.

Teknik animasi nya adalah seorang animator menciptakan suatu rangkaian bagian kasar yang akan difilmkan dalam gambar-gambar menggunakan pinsel perframenya.

Kemudian gambar dipindahkan pada lembar seprai seluloid, dengan asam cuka sel. Setelah terbentuk gambar yang tebal gambar diperhalus dengan tinta acetante-adhenting tinta yang digunakan pada jaman itu.Setelah gambar desain sempurna, seorang pelukis memberikan warna dengan cat vinil.

Untuk proses animasinya, gambar-gambar tersebut dishooting secara cepat oleh kamera sesuai dengan kecepatan framenya/detiknya.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengapresiasi Seni Teater Nusantara

Pengertian Kebaharian, Kemaritiman dan Kelautan

Memahami Tipe Data Sederhana,Tipe Data Terstruktur dan Tipe Data Penunjuk